Penyelidikan Epidemiologi Kasus DBD di Wilayah Kerja Pos Pelabuhan Laut Gorontalo (Talumolo) Bersama Petugas Puskesmas Dumbo Raya
Pengumuman 14 Aug 2023

Penyelidikan Epidemiologi Kasus DBD di Wilayah Kerja Pos Pelabuhan Laut Gorontalo (Talumolo) Bersama Petugas Puskesmas Dumbo Raya

Halo Sobat KKP....
Pada Tanggal 22 Juli 2023 Telah Dilaksanakan Kegiatan Penyelidikan Epidemiologi Kasus DBD di Wilayah Kerja Pos Pelabuhan Laut Gorontalo (Talumolo) Bersama Petugas Puskesmas Dumbo Raya. Penyelidikan Epidemiologi (PE) merupakan kegiatan pencarian penderita DBD atau  tersangka DBD lainnya dan pemeriksaan jentik nyamuk penular DBD di tempat tinggal penderita dan rumah / bangunan sekitar termasuk Tempat – Tempat Umum dalam radius sekurang – kurangnya 100 meter. 
Kegiatan pelacakan kasus penderita DBD yang dilaksanakan oleh KKP Kelas II Gorontalo dan Puskesmas Dumbo Raya setelah menemukan kasus DBD di wilayah  Buffer Pelabuhan Laut Gorontalo, dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan yang dilakukan adalah pengamatan jentik. Pengamatan ini dilakukan dengan menggunakan indikator ukuran kepadatan jentik yaitu: angka bebas jentik (ABJ), house index (HI), container index (CI) dan bruteau index (BI). HI lebih menggambarkan penyebaran nyamuk di suatu wilayah tertentu. Untuk wilayah buffer pelabuhan apabila HI kurang dari 5% menunjukkan kecepatan penularan DBD cukup, sedangkan bila lebih 5% berarti potensial terjadi penularan DBD.
Setelah pelacakan kasus, KKP Kelas II Gorontalo (Wilayah Pos Pelabuhan Gorontalo) bersama Puskesmas Dumbo Raya melakukan tindakan pegendalian vector DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan larvasida.


KKP Gorontalo.....
Haadiri U'Momaya......

Admin
150
#Layanan Pengaduan
Anda memiliki keluhan terhadap layanan kami? Kirim pengaduan anda sekarang juga!
Anda dapat melaporkan dugaan pelanggaran seperti:
  • Fraud.
  • Maladministrasi.
  • Pelanggaran aturan kepegawaian/kode etik.
  • Tindakan korupsi.

Mari bersama kita wujudkan Indonesia Sehat Tanpa Korupsi!!!

Lapor Sekarang!

2023 © KKP Gorontalo. All Rights Reserved.
Design by HTML Codex | Developed by husmin.web.id